Kuliner Yang Ada di Papua Wajib Mencicipi Saat Berlibur

Kuliner Yang Ada di Papua Wajib Mencicipi Saat Berlibur

Kuliner Yang Ada di Papua Wajib Mencicipi Saat Berlibur – Papua, pulau terbesar di Indonesia dan terletak di ujung timur Nusantara, memiliki beragam budaya dan tradisi yang kaya, termasuk kulinernya yang unik dan menggoda selera. Masyarakat Papua memiliki beragam makanan khas yang memadukan bahan-bahan lokal dengan teknik memasak tradisional. Berikut adalah beberapa kuliner yang ada di Papua.

Kuliner Yang Ada di Papua

1. Papeda

Papeda adalah makanan pokok masyarakat Papua yang terbuat dari sagu. Bentuknya seperti bubur lengket dengan tekstur kental. Papeda biasanya di sajikan dengan kuah ikan kuning yang kaya akan rempah-rempah. Rasanya lezat dengan cita rasa gurih dan sedikit asam.

2. Ikan Bakar Manokwari

Salah satu hidangan ikan yang terkenal di Papua adalah ikan bakar Manokwari. Ikan segar, biasanya kakap atau ikan laut lainnya, dibakar dengan bumbu khas Manokwari yang pedas dan gurih. Hidangan ini sering disajikan dengan nasi atau papeda.

3. Sate Ular

Di beberapa daerah di Papua, sate ular merupakan hidangan yang cukup populer. Ular piton yang umum ditemukan di daerah ini menjadi bahan utama. Daging ular yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong akan ditusuk dengan lidi dan dipanggang dengan bumbu khusus. Rasanya unik dan eksotis.

4. Auni Senebre

Aunu Senebre adalah hidangan ikan teri yang di masak dengan kelapa parut dan daun talas. Hidangan ini memiliki rasa gurih dan sedikit pedas, cocok disajikan dengan nasi atau papeda.

Baca Juga : Menikmati Kuliner yang ada di australia Wajib di Cicipi

5. Ubi yang dihaluskan

Keladi tumbuk adalah hidangan yang terbuat dari umbi keladi yang ditumbuk halus dan di campur dengan bumbu-bumbu. Hidangan ini biasanya disajikan dengan ikan atau daging.

6. Ikan Bungkus

Ikan bungkus adalah ikan yang di bungkus dengan daun pisang dan di panggang dengan bumbu khusus. Bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, dan rempah lainnya. Hidangan ini memiliki cita rasa yang gurih dan aromatik.

7. Sagu Lempeng

Sagu lempeng adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung sagu yang dipanggang. Bentuknya pipih dan kering, mirip seperti kerupuk. Sagu lempeng sering di makan sebagai camilan atau pendamping hidangan utama.

8. Sayur Pakis

Sayur pakis adalah hidangan sayuran yang terbuat dari daun pakis yang di masak dengan bumbu kelapa. Ini memiliki rasa segar dan lezat, cocok di sajikan dengan ikan atau daging.

9. Kue Lontar

Kue lontar adalah sejenis pai yang terbuat dari campuran telur, susu, dan gula. Kue ini memiliki tekstur lembut dan rasa manis yang lezat. Kue lontar sering di sajikan sebagai makanan penutup.

10. Buah Merah

Buah merah adalah buah yang menjadi bahan makanan dan obat tradisional di Papua. Buah ini sering di gunakan untuk membuat minyak buah merah yang di klaim memiliki banyak manfaat kesehatan.

11. Yamko Rambe Yamko

Yamko Rambe Yamko bukanlah makanan, tetapi lagu tradisional Papua yang populer. Lagu ini sering di nyanyikan pada acara-acara adat dan upacara penting di Papua. Namun, namanya kerap di gunakan untuk nama makanan, terutama hidangan yang terinspirasi oleh tradisi Papua.